Guru Malas Menulis, Koq Bisa Naik Pangkat? Sebuah Otokritik Mudahnya Naik Pangkat Tanpa Menulis

Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

Perlu disadari, guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi, peserta didik pada jalur pendidikan formal, serta pada jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah, termasuk pendidikan anak usia dini. Profesional merupakan pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi.

Kepangkatan bagi guru PNS adalah bentuk pencapaian atas sebuah pengabdian profesi yang pada akhirnya akan mempengaruhi besaran gaji yang diterima. Begitu banyaknya tuntutan yang harus dilalui guru dalam pengembangan keprofesian, namun sejatinya semua guru dapat dikatakan sebagai guru berprestasi, jika ia dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya secara baik karena memang penilaian tersebut hanya menilai dari rekam jejak yang telah dilakukan oleh guru.

Permasalahannya adalah kemauan dan kemampuan guru dalam menjalankan perannya ini berbeda-beda. Lantas bagaimana cara meningkatkan kemampuan guru secara teknis? Perlu komitmen besar dari guru untuk mau meningkatkan kemampuan pribadinya. Guru memenuhi administrasi pembelajarannya untuk memenuhi penilaian kinerja guru (PKG) serta melakukan pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif untuk memenuhi penilaian pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB). Pengembangan diri dapat dipenuhi, jika guru aktif mengikuti berbagai kegiatan diklat, bimtek, workshop, maupun seminar yang berkaitan dengan profesinya.

Shopee Indonesia

Publikasi ilmiah dipenuhi melalui pembuatan karya tulis seperti buku, modul, artikel, esai, dll yang diterbitkan pada media massa, penerbit, atau pun diseminarkan pada forum tingkat satuan pendidikan maupun forum yang lebih luas dan disimpan di perpustakaan. Karya inovatif dipenuhi melalui pengembangan media, metode, atau alat peraga yang digunakan dalam pembelajaran. oleh karena itu, guru harus mampu menulis sebagai bentuk aktualisasasi karya bukan sekedar untuk naik pangkat saja.

Menulis adalah Investasi Karya

Menurut Patteda, karya tulis ilmiah merupakan hasil pemikiran ilmiah tentang disiplin ilmu tertentu yang disusun secara sistematis, benar, logis, utuh, bertanggungjawab, serta menggunakan bahasa yang benar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa karya tulis ilmiah adalah hasil dari pemikiran ilmiah dari berbagai bidang ilmu tertentu, disertai fakta dan data yang tersusun secara sistematis, logis, utuh, serta bertanggungjawab.

Blibli.com
Shopee Indonesia