oleh

Kendala Serius Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani di Masa Pandemi

WPdotCOM – Pandemi Covid-19 merupakan krisis kesehatan terburuk saat ini. Akibat dari pandemi covid-19 ini, menyebabkan diterapkannya berbagai kebijakan untuk memutus mata rantai penyebarannya.

Upaya yang dilakukan oleh pemerintah di Indonesia salah satunya dengan menerapkan imbauan kepada masyarakat agar melakukan physical distancing yaitu himbauan untuk menjaga jarak sosial, menjauhi aktivitas dalam segala bentuk kerumunan, perkumpulan, dan menghindari adanya pertemuan yang melibatkan banyak orang.

Upaya tersebut ditujukan menghindari penyebaran pandemi covid-19 lebih luas. Pemerintah menerapkan kebijakan yaitu Work From Home (WFH). Kebijakan ini merupakan upaya yang diterapkan kepada masyarakat agar dapat menyelesaikan segala pekerjaan di rumah.

Pendidikan menjadi salah satu sektor yang begitu terdampak oleh virus Corona. Walau demikian, pemerintah dan lembaga pendidikan harus  memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun peserta didik berada di rumah.

Solusinya, pendidik dituntut mendesain media pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media daring atau online. Ini sesuai dengan surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat kesehatan Corona Virus Disease (Covid-19).

Sistem pembelajaran dilaksanakan melalui perangkat personal computer (PC), laptop, dan smartphone yang terhubung dengan jaringan internet. Pendidik dapat melakukan pembelajaran bersama di waktu yang sama menggunakan grup di media sosial seperti WhatsApp (WA), aplikasi Zoom ataupun media lainnya sebagai media pembelajaran yang disediakan oleh lembaga pendidikan dan pemeritah untuk memudahkan dalam pembelajaran.

Di masa pandemi ini, banyak sekolah dan perguruan tinggi yang ditutup. Pembelajaran yang semula dilaksanakan secara tatap muka, harus dilaksanakan secara daring. Pembelajaran daring yang berlangsung selama ini tentu saja tidak berjalan mulus.

Baca Juga:  Kreativitas Guru Menyediakan Blog Pembelajaran Bagi Siswa Selama PJJ

Pembelajaran teoritis memang tidak terlalu menjadi kendala. Namun, pembelajaran praktik menjadi kendala yang serius. Salah satu pelajaran yang banyak menerapkan pembelajaran praktik adalah Pendidikan Jasmani. Dalam Pendidikan Jasmani banyak menerapkan pembelajaran  secara organik, neuromuscular, intelektual, sosial, kultural, emosional, dan estetika yang dihasilkan dari proses pemilihan berbagai aktivitas jasmani.

Namun, walau di tengah pandemi, tidak menjadi alasan pembelajaran ini ditiadakan. Pendidikan jasmani sangat penting untuk dipelajari peserta didik di masa sekarang ini, karena dengan pengetahuan mengenai praktek olahraga peserta didik dapat membentengi diri, salah satunya dengan meningkatkan daya tahan tubuh (imunitas) untuk mencegah virus Corona. Dengan olahraga teratur menjadi salah satu cara untuk mencegah virus tersebut.