oleh

Pendidikan Karakter Menuju Pemahaman Jiwa Pancasila Seutuhnya

WPdotCOM – Pendidikan karakter, terutama bagi peserta didik pada jenjang sekolah dasar, merupakan langkah awal yang sangat penting dilakukan oleh guru.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008) karakter merupakan sifat-sifat kejiwaan, akhlak, atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan yang lain. Dengan demikian karakter merupakan nilai-nilai yang baik yang terpatri dalam diri dan diejawantahkan dalam perilaku (Kementerian Pendidikan Nasional, 2018).

Nilai-nilai yang unik dan baik itu kemudian dalam Desain Induk Pembangunan Karakter Bangsa 2010-2025 dimaknai sebagai: tahu nilai kebaikan, mau berbuat baik, dan nyata berkehidupan baik.

Scerenko (1997) mendefinisikan karakter sebagai atribut atau ciri-ciri yang membentuk dan membedakan ciri pribadi, ciri etis, dan kompleksitas mental dari seseorang, suatu kelompok atau bangsa.

Sementara itu The Free Dictionary dalam situs onlinenya yang dapat diunduh secara bebas mendefinisikan karakter sebagai suatu kombinasi atau ciri-ciri yang membedakan seseorang atau kelompok atau suatu benda dengan yang lain. Karakter, juga didefinisikan sebagai suatu deskripsi dari atribut, ciri-ciri, atau kemampuan seseorang.

Pendidikan karakter, dalam kurikulum pendidikan nasional bertujuan untuk meningkatkan mutu, proses, dan hasil pendidikan yang mengarah pada pembentukan budi pekerti dan akhlak mulia peserta didik secara utuh. Selain itu juga untuk membawa peserta didik menjangkau perubahan lingkungan yang ia hadapi dan berada di dalamnya sebagai bagian masyarakat umum.

Kualitas karakter dalam pola pendidikan meliputi: Curiosity (keingintahuan), Initiative (inisiatif), Persistance/Grit (kegigihan/pantang menyerah), Adaptability (penyesuaian diri), Leadership (kepemimpinan), Social and Cultural Awareness (kesadaran/kepedulian sosial dan budaya).

Memahami kebijakan nasional, ditegaskan bahwa pembangunan karakter bangsa merupa-kan kebutuhan asasi dalam proses berbangsa dan bernegara. Sejak awal kemerdekaan, bangsa Indonesia sudah bertekad untuk menjadikan pembangunan karakter sebagai bahan penting dan tidak terpisahkan dari pembangunan nasional.

Baca Juga:  Semangat Menulis Setelah Difasilitasi Disdibkud dalam Workshop KTI

Jangan Lewatkan