oleh

Guru SD se-Kabupaten Sijunjung Diberikan Tambahan Wawasan Kepenulisan KTI

WPdotCOM — Kemarin lusa, diinformasikan kegiatan workshop KTI Guru oleh Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) Kecamatan Sijunjung, sebagai guru tentunya ini sangat menarik.

Informasi itu, akhirnya membuat penulis diusulkan sebagai peserta. Menurut Nofriedi, S.Pd, ketua KKKS Sijunjung, tugas itu untuk mewakili Kecamatan Sijunjung.  Kegiatan tersebut, bertemakan  workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah Guru Sekolah Dasar se-Kabupaten Sijunjung Tahun 2018.

Meskipun lewat media WA (WhatsApp) KKKS Kec. Sijunjung sudah mendapat informasi dan membacanya, penulis tentunya sangat berminat. Akan tetapi, karena sudah didahului oleh informasi dari salah seorang pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Sijunjung, di hari bersamaan pegawai bagian aset dinas tersebut bersama pegawai dari BKAD Sijunjung, akan turun ke sekolah dan penulis diharuskan berada di tempat. Hal itu karena secara kedinasan, sebagai guru Olahraga sekarang ditunjuk sebagai Plt. Kepala SDN 12 Solok Ambah. Dan pada saat itu pun, tidak ada kepastian bahwa penulis benar akan diusulkan ataupun tidak sebagai peserta.

Tibalah saatnya pukul 09.30 WIB hari Senin tanggal 22 Oktober 2018. Penulis dapat telepon dari salah seorang pegawai setempat bagian Pendidikan Dasar, Neng Azmi, yang menanyakan penulis sedang berada dimana. Pastinya penulis menjawab sedang berada di sekolah. Neng Azmi menginformasikan bahwa penulis telah didaftarkan lewat Pengawas Kec. Sijunjung untuk mengikuti workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah Guru Sekolah Dasar se-Kabupaten Sijunjung. Dan pada saat itu penulis menjawab hal yang sama seperti memberi jawaban kepada Ketua KKKS Kec. Sijunjung beberapa hari yang lalu. Namun Neng Azmi memastikan bisa ikut atau tidak, keputusan berada di tangan penulis.

Pada saat itu, penulis berpikir cepat dan langsung ambil keputusan untuk ikut kegiatan ini. Kapan lagi kalau tidak sekarang. Saat itu penulis sampaikan langsung kepada yang bersangkutan bahwa akan ikuti kegiatan itu. Dan penulis pun disuruh langsung berangkat dari sekolah menuju Hotel Bukik Gadang tempat pelaksanaan kegiatan workshop tersebut.

Baca Juga:  Teknik dan Materi Pembelajaran Silat Minangkabau

30 menit perjalanan dari Nagari Solok Ambah ke Hotel Bukik Gadang Muaro dengan kecepatan motor rata-rata 90-100km per jam. Dengan keadaan jalan antara Solok Ambah melalui Nagari Aie Angek yang rata-rata orang Sijunjung mengenalinya. Jalanannya kecil, berbelok-belok, dengan tikungan tajam dan turunan yang sangat menakutkan. Begitu kata orang-orang yang sesekali melalui jalan tersebut, namun bagi penulis itu sudah hal yang biasa, sehingga dengan jarak tempuh dari SDN 12 Solok Ambah menuju Hotel Bukik Gadang Muaro dengan jarak 34 Km dapat saya tempuh 25 menit. Alhamdulillah sampai dengan selamat.

Setibanya di Hotel Bukik Gadang pukul 09.55 WIB tempat kegiatan workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah ini, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Ramler, SH, MM, sedang memberikan sambutan sebagai pengantar kegiatan workshop dibuka. Berselang beberapa menit, kegiatan ini dilanjutkan oleh Nova Indra sebagai pemateri dalam kegiatan. Sangat luar biasa penyampaian beliau tentang kegiatan ini. Luar biasa sekali.

Berdasarkan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 16 Tahun 2009 dan Permendiknas No. 35 Tahun 2010 serta PP No 11 tahun 2017 tentang manajemen Pegawai Negeri Sipil, setiap pendidik diwajibkan melakukan kegiatan pengembangan diri berkelanjutan. Dan dalam hal ini, bagian dari pengembangan diri yang sedang penulis jalani, adalah peningkatan mutu untuk karya ilmiah dan publikasi.

Nilai penting dari kegiatan workshop ini, selain dari peningkatan kualitas diri, juga merupakan bagian dari tanggungjawab sebagai teladan bagi generasi muda yang perlu diberikan motivasi lebih nyata.

Daftar Pustaka

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 16 Tahun 2009

Permendiknas No. 35 Tahun 2010 turunan Permennegpan-RB No. 16 Tahun 2009

Baca Juga:  Menumbuhkan Kemauan Menulis, Cukup dengan Jadi Diri Sendiri

PP No 11 tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil

Penulis: Bustanul Arifin, S.Pd (Guru SDN 12 Solok Ambah)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *