Perjuangan Menuju Workshop Karya Tulis Ilmiah se-Kabupaten Sijunjung

WPdotCOM – Sabtu, tanggal 20 Agustus 2018, diinformasikan kegiatan workshop KTI oleh Kepala SDN 8 Sungai Betung, Kecamatan Kamang Baru. Sebagai guru, tentunya ini sangat menarik.

Informasi itu, akhirnya membuat penulis diusulkan sebagai peserta. Menurut Arwin Rasyid, S.Pd Kepala Sekolah SDN 8 Sungai Betung, tugas itu untuk mewakili Kecamatan Kamang Baru. Kegiatan tersebut, bertemakan workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah Guru Sekolah Dasar se-kabupaten Sijunjung Tahun 2018.

Kepala sekolah menyampaikan kepada penulis, bahwa beliau mendapatkan Whatsapp (WA) dari Pengawas. Dari informasi itu didapat data bahwa nama penulis tercantum sebagai peserta workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah Guru Sekolah Dasar se-Kabupaten Sijunjung Tahun 2018, yang akan diadakan selama dua hari di Hotel Bukik Gadang, Muaro Sijunjung.

Saat menerima berita tersebut, hati penulis mulai gundah. Karena dalam pemikiran penulis bagaimana caranya supaya penulis bisa sampai ke Muaro, padahal penulis tidak bisa membawa kendaraan dalam jarak tempuh yang begitu jauh.

Dengan pemikiran seperti itu, penulis berusaha mencari informasi siapa saja teman yang  berasal dari Kecamatan Kamang Baru yang diutus mengikuti pelatihan KTI tersebut. Setelah mengetahui beberapa nama teman, penulis berusaha untuk menghubungi mereka agar penulis dapat tumpangan untuk ke Muaro. Tapi sayang, karena penulis berada jauh dari pusat kota. Penulis tetap tidak dapat tumpangan.

Hati kecewa, dan penulis pulang ke rumah. Sesampai di rumah, penulis bercerita kepada suami kalau penulis diutus untuk pelatihan dan tidak mendapatkan tumpangan. Alhamdulillah, dengan nada lembut dan penuh kasih sayang, suami memberikan dukungan. Ia memberi semangat, dan memberikan ketenangan dalam jiwa, agar tidak memikirkan bagaimana cara pergi ke Muaro serta, berjanji akan mengantarkan penulis.  Menurutnya,  pelatihan Karya Tulis Ilmiah itu sangat penting, baik untuk menambah ilmu, maupun untuk memenuhi syarat kenaikan pangkat untuk masa yang akan datang.

Hati penulis riang bukan kepalang atas dukungan keluarga. Saat itu juga suami menyuruh untuk mempersiapkan segala kebutuhan, karena besok pagi kita harus keluar dari daerah tempat penulis mengajar, dan menginap di rumah keluarga yang lebih dekat dengan Muaro. Kami takut jika kami berangkat pagi nanti kami terjebak di perjalanan. Daerah penulis rawan longsor dan rawan pohon-pohon besar roboh dan menutupi jalan, jika malamnya hujan lebat dan berangin.

Sesampai di Hotel Bukik Gadang, kami disuguhi beberapa lembar kertas untuk pengisian biodata dan surat perjanjian di atas materai. Setelah memasuki ruangan, acara mulai dibuka oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Kemudian dilanjutkan oleh Instruktur Nova Indra, Ini benar-benar pengalaman yang sangat berharga.

Berdasarkan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi No. 16 Tahun 2009 dan Permendiknas No. 35 Tahun 2010 serta PP No. 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, setiap pendidik diwajibkan melakukan kegiatan pengembangan diri berkelanjutan. Dan dalam hal ini, bagian dari pengembangan diri yang sedang penulis jalani, adalah peningkatan mutu untuk karya ilmiah dan publikasi.

 

Daftar Pustaka

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No.16 Tahun 2009

Permendiknas No. 35 Tahun 2010 turunan permenegpan-RB No. 16 Tahun 2009

PP No. 11 Tahun 2017

Penulis : Anes Violeta, S.Pd (Guru SDN 8 Sungai Betung)

Tinggalkan Balasan