Guru Wajib Mengembangkan Diri, Menulis Adalah Salah Satu Poin Penting

WPdotCOM — Guru SD se-Kabupaten Sijunjung Diberikan Tambahan  Wawasan Penulisan KTI

Pada jam  istirahat, tepatnya hari Kamis tanggal 18 Oktober 2018,  kepala sekolah sekaligus ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) tempat penulis mengajar, memberitahukan kepada semua guru bahwa akan diadakan workshop penulisan karya tulis ilmiah.

Kegiatan  workshop tersebut diadakan untuk guru SD se- Kabupaten Sijunjung. Menurut informasi, kegiatan itu adalah kesempatan  kepada penulis untuk  mengikutinya. Sesuai dengan syarat-syarat yang telah ditentukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, di sekolah penulis ada tiga orang yang memenuhi, dan salah satunya adalah penulis. Satu orang  dari teman  penulis yang memenuhi syarat tersebut sudah ikut tahun kemaren, lagi pula sekarang ia dalam kondisi hamil tua.

Pilihan tinggal dua orang. Teman-teman penulis banyak yang mendorong untuk ikut. Ketika itu penulis belum memberikan kesanggupan untuk kesediaan mengikuti kegiatan workshop tersebut. Biarlah kesempatan itu diberikan  kepada teman penulis yang satunya lagi. Lagi pula pangkat penulis masih di IIa. Masih lama untuk kenaikan pangkat ke IIIc.

Penulis pikir, teman penulis lebih membutuhkan. Pada hari itu kami belum  mendapat  informasi siapa yang akan  ikut. Jujur, pada waktu itu penulis kurang berminat untuk ikut, karena merasa kurang mampu  untuk bisa membuat sebuah karya tulis ilmiah. Walaupun  keinginan untuk mendapatkan  ilmunya memang  ada.

Hari berikutnya penulis menduga perwakilan peserta workshop sudah final, yang pasti adalah teman lain. Tapi pada Sabtu  pagi  tanggal 20 Oktober, dugaan itu ternyata salah. Pagi itu kepala sekolah memberitahukan bahwa penulis sudah didaftarkan  sebagai peserta workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah mewakili Kecamatan Lubuk  Tarok.

Mendengar informasi tersebut penulis terkejut sekaligus ragu, apakah akan mampu  untuk membuat sebuah karya tulis? Untuk informasi lebih jelasnya dikirimkanlah surat undangan yang ada di WhatsApp (WA)  kepala sekolah  ke WA penulis.

Setelah membaca surat undangan tersebut, penulis semakin ragu karena salah satu syarat sebagai peserta harus menandatangani surat perjanjian kesanggupan menulis di atas materai. Tapi tidak mungkin menolak. Keraguan tersebut penulis  buang jauh-jauh. Dan menyemangati diri harus bisa. Kegiatan tersebut sangat berguna sekali sebagai guru. Walaupun konsekuensi ke depannya berat. Penulis harus menghargai kepercayaan yang diberikan kepala sekolah.

Sesampainya  di rumah  berita tersebut penulis sampaikan kepada suami sekaligus minta izin. Ia ternyata sangat mendukung, sekaligus memberikan motivasi. Hal tersebut membuat penulis menjadi bersemangat untuk ikut. Semua keperluan kegiatan workshop sudash dipersiapkan. Harapan bahwa ini adalah hal terbaik bagi penulis.

Sebagai guru, tentunya dituntut untuk dapat menulis karya tulis ilmiah. Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Mentri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Juga Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Teknis Jabatan Fungsional dan Angka Kreditnya, dan  Peraturan Pemerintah No 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

Tibalah waktunya kegiatan tersebut. Senin tanggal 22 Oktober adalah hari dimulainya kegiatan workshop Penulisan Karya Tulis Ilmah Guru Sekolah Dasar se-Kabupaten Sijunjung. Pagi-pagi sekali penulis sudah bangun, mengurusi segala sesuatunya sebelum berangkat, termasuk mengurusi suami dan anak.

Ketika penulis sedang bersiap-siap untuk berangkat, tiba-tiba turun hujan. Tapi untunglah cuma sebentar, hujan segara reda. Perjalanan penulis ke Hotel Bukik Gadang tempat pelaksanan kegiatan workshop itu jadi tidak terkendala, karena penulis berangkat menggunakan sepeda motor. Penulis menumpang dengan suami yang sehari-harinya bekerja di salah satu instansi pemerintah di Muaro Sijunjung.

Kurang dari satu jam perjalanan, kami sampai di Hotel Bukik Gadang. Penulis sudah sampai ditempat sebelum waktu yang ditentukan. Sesuai dengan jadwal, acara dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam sambutannya, ia berharap kepada seluruh peserta yang berjumlah  50 orang untuk mengikuti kegiatan workshop tersebut secara serius dan bersungguh-sungguh. Sehingga nantinya bisa menghasilkan 50 buah buku.

Acara dilanjutkan oleh Nova Indra sebagai pemateri. Penyampaian materinya sangat luar biasa. Mudah-mudahan apa yang diharapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan juga kita semua tercapai hendaknya. Aamiin.

Daftar Pustaka

Permenpan-RB Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Permendiknas Nomor 35 Tahun2010

PP No 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil

Penulis : Defri Yenti ( Guru SDN 2 Jambu Lipo)

Tinggalkan Balasan