oleh

Office 365, Permudah Guru dalam Melakukan Penilaian

WPdotCOM — Generasi emas Indonesia pada ulang Tahun kemerdekaan RI tahun 2045 nanti, merupakan hasil Revolusi Industry 4.0 saat ini. Saat itu menjadi ukuran keberhasilan pendidikan yang dilaksanakan sekarang.

Sebagai pendidik, tentunya wajib menguasai Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) dalam pembelajaran. Seperti yang diungkapkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim beberapa waktu lalu.

Salah satu sofware yang wajib dikuasai pendidik, adalah Microsoft Office. Software ini selalu meluncurkan program terbarunya untuk menunjang modernitas. Salah satunya yang telah di rilis yaitu Microsoft Office 365, yang  menawarkan berbagai keunggulan program. Pada rilis terbaru tersebut kinerja office menjadi semakin maksimal.

Guru tidak perlu menginstal aplikasi hardware atau software.  Microsoft Office 365 meringankan guru dalam pembelajaran, termasuk materi Matematika di kelas. Untuk mengoperasikannya, syarat yang wajib digunakan adalah Laptop/PC berbasis Windows 10 dengan RAM/ROM yang memadai, sambungan internet, dan akun login dari Microsoft office 365.

Hal inilah yang diterapkan oleh SMA Negeri 1 Karanganom sebagai pemula di Klaten. Dengan bekal keterampilan guru di bidang TIK, tentunya akan sangat bermanfaat dalam menunjang pembelajaran di kelas.

Untuk evaluasi penilaian Matematika, guru harus menyiapkan soal misalnya pilihan ganda  beserta kunci jawaban yang nantinya dishare menjadi QR Code atau alamat shorten link yang umum, dan mudah dimengerti siswa. Dengan begitu, siswa  mudah membuka link tersebut dengan Laptop/PC ataupun smartphone Android yang mereka gunakan.

Soal-soal selanjutnya diketik dalam akun Microsoft Office 365 dengan membuka form New Quis. Di sana akan terbuka folder-folder yang akan di tuju, tinggal pilih dengan klik folder form New Quis tersebut. Setelah terbuka, maka tinggal masukkan judul awal, misalnya Penilaian I Matematika  dan sub judul bawahnya dengan diskripsi misal KD Suku Banyak/Polinomial kelas XI Peminatan IPA. Lalu klik quis baru  mengisi form nama, klik quis baru kelas, serta hari/tanggal. Setelah itu tinggal klik tambah quis dengan mengetik soal Matematika. Nantinya dishare pada siswa disertai skor yang telah ditentukan, misal dengan skor skala 100. Maka dengan jumlah pilihan ganda 25 soal Matematika suku banyak, akan terlihat per soal dengan skore 4.

Baca Juga:  Social Distancing; Jangan Panik, Semua Akan Baik-baik Saja

Perlu diingat, untuk mengetik soal tersebut bila dengan banyak rumus, gunakan option pada ketikan dengan klik “matematika” (tanda petik – red), maka akan muncul rumus-rumus Matematika yang akan digunakan dalam membuat soal. Setelah mengetik soal dengan opsi jawaban, jangan lupa dicentang opsi jawaban yang tepat pada soal tersebut sebagai kunci jawaban. Begitu seterusnya sampai selesai mengetik soal dan jumlah skor 100.

Setelah selesai menginput, dilakukan langkah pengaturan klik semua orang yang menanggapi, tanggal memulai dan tanggal selesai, serta kunci acak pertanyaan missal 1 sampai 3 dilock. Maka soal nomor selanjutnya akan teracak secara otomatis beserta opsi jawaban soal, klik share  dengan QR Code atau shorten link, missal bitly atau gg.gg.

Menggunakan Office 365, mempermudah menilai tanpa menghadapi kertas kerja siswa. Guru cukup buka akun kembali, dan  tinggal  klik tanggapan/responden, maka akan muncul responden-responden siswa yang telah menyelesaikan soal yang telah dishare pada siswa. Dan skor yang telah dicapai siswa sesuai kunci jawaban yang telah guru centang pada akun office akan muncul.

Hasilnya, guru bisa menganalisis soal-soal pilihan ganda per item dengan persentase soal dari 5 opsi yang dijawab siswa. Untuk mengunduh responden, tinggal klik buka dengan Excel. Setelah terunduh akan muncul skor siswa sesuai waktu penyelesaian siswa dengan lengkap. Dengan Office 365 ini, merupakan solusi yang terpecahkan dalam penilaian yang selama ini membutuhkan waktu dalam mengoreksi hasil kerja siswa berupa  lembar kerja. Office 365 bisa menggerakkan guru sebagai penggerak G 4.0.

Penulis: Sudarto, S.Pd (Guru SMA Negeri 1 Karanganom Klaten, Jawa Tengah)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 komentar