Musrenbang dengan Media Daring Jadi Trend Saat Wabah Covid-19

WPdotCOM, Kab. Lembata – Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur, S.T, M.T membuka kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) secara online.

Musrenbang tersebut ditujukan untuk membahas Rencana Kerja Pemeritah Daerah (RKPD) Tahun 2021 Tingkat Kabupaten Lembata bertempat di Rumah Jabatan Bupati Desa Waijarang pada pekan lalu.

Pemerintah Kabupaten Lembata mengambil langkah yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Musrenbang kali ini dilaksanakan melalui teleconference dengan menggunakan aplikasi Zoom. Hal ini sengaja dilakukan pemerintah untuk memutuskan mata rantai penyebaran wabah virus covid-19 dan sekaligus menindak lanjuti Instruksi Presiden untuk menerapkan social distancing.  Untuk itu, Dinas Kominfo telah menyiapkan beberapa titik lokasi yang digunakan dalam menyukseskan kegiatan Musrenbang online.

Meski berlangsung secara virtual, kata Said, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah  (BAPPELITBANGDA) Kabupaten Lembata, semua  aspirasi  yang mencakup usulan Musrenbang dari tingkat desa dan kecamatan dan rancangan RKPD dari setiap OPD dipastikan bisa terakomodasi dengan baik.

“Pasalnya, seluruh pemangku kepentingan telah diundang bergabung dalam rapat dunia maya tersebut,” tegas Said.

Sementara itu, Bupati Sunur mengatakan kegiatan Musrenbang melalui video conference untuk pertama kali dilakukan di Kabupaten Lembata.

“Tentu ini merupakan langkah yang sangat baik meskipun ada terjadi gangguan signal,” ungkapnya.

Lebih lanjut, jika dilihat dari segi waktu dan biaya tentu virtual meeting  lebih efektif mengingat semua peserta tidak bertemu secara langsung dan untuk konsumsi bisa diatur oleh kantor masing-masing, sehingga lebih ekonomis. Ditambahkan, tidak menutup kemungkinan jika situasi sudah kembali normal, pemerintah tetap melakukan rapat seperti ini.

Dalam pantauan media, rangkaian pembukaan Musrenbang tingkat Kabupaten Lembata berlangsung sekitar 6 jam. Diawali dengan pemaparan singkat Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2021 oleh kepala BAPPELITBANGDA Kabupaten Lembata, penyampaian 7 (tujuh) Pokok pikiran Lembaga DPRD oleh Ketua DPRRD  Kabupaten Lembata, Petrus Gero, S.Sos, dan diakhiri dengan dialog bersama. (Kominfo Lembata/Albertus Muda)

Tinggalkan Balasan