Kompetensi Kepala Satuan Pendidikan, Kunci Kesuksesan Penyelenggaraan Pendidikan Bermutu

ARTIKEL ILMIAH93 Dilihat
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

WARTA PENDIDIKAN – Berbagai persoalan dunia pendidikan dari waktu ke waktu terus bergulir seiring perkembangan zaman dan teknologi. Apalagi sejak pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia, dunia pendidikan turut pula goncang dengan berbagai masalah yang harus dihadapi.

Pendidikan, dalam keadaan apapun, diharapkan dapat menumbuhkembangkan kemampuan peserta didik untuk menghadapi tuntutan perubahan waktu dan kebutuhan zaman. Persoalan-persoalan tersebut tidak terlepas dari bagaimana seorang pemimpin satuan pendidikan dalam menyikapi dan mencarikan solusi setiap kendala yang terjadi dan dihadapi oleh elemen sekolah. Mutu pendidikan dari sekolah yang dipimpin seorang kepala sekolah, merupakan isu sentral yang menjadi tujuan penilaian utama keberlangsungan penyelenggaraan pendidikan di sekolah terkait.

Shopee Indonesia

Kepala sekolah sebagai pemimpin operasional harus memehami bahwa pencapaian atau peningkatan mutu pendidikan serta optimalisasi proses pendidikan beserta komponen terkait di dalamnya, mesti dijalankan melalui berbagai upaya. Munculnya egekftivitas kepemimpinan seorang kepala sekolah, diharapkan pula turut menjembatani peningkatan mutu pendidikan itu sendiri.

Shopee Indonesia

Sebagai sebuah sistem sosial, semua elemen sekolah terutama kepala sekolah dan guru masih harus terus meningkatkan kesadaran bahwa sekolah adalah organisasi yang dinamis sebagai tempat berlangsungnya proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang waktu.

Sekolah harus dikelola sedemikian rupa, hingga  tidak hanya berfungsi mentransfer muatan kurikulum, tetapi juga proses pembelajaran dapat memberikan segala sesuatu yang peserta didik butuhkan, sehingga dapat digunakan untuk menopang kehidupan mereka di tengah-tengah masyarakat dan dunia kerja.

Blibli.com
Shopee Indonesia
Blibli.com