Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas III Sekolah Dasar

ARTIKEL ILMIAH20 Dilihat
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

WARTA PENDIDIKAN – Pembelajaran berhitung di sekolah dasar identik dengan mata pelajaran matematika. Hal ini disebabkan karena materi matematika di sekolah dasar berhubungan dengan pembelajaran berhitung dengan menggunakan angka-angka.

Hudoyo (1990) menyatakan, pada hakekatnya matematika itu berkenaan dengan ide-ide, struktur, dan hubungan-hubungannya diatur menurut urutan logis. Ide-ide dalam struktur ini merupakan konsep-konsep yang abstrak yang tersusun secara hirarkis dan penalarannya secara deduktif.

Materi dasar dalam pembelajaran berhitung merupakan bagian dari pelajaran matematika yang jadi alat penting bagi seorang peserta didik untuk menguasai pelajaran lain, misalnya IPS, bahasa Indonesia dan IPA, di samping merupakan kesiapan untuk menghadapi materi-materi pelajaran matematika pada tingkatan kelas dan jenjang sekolah berikutnya.

Shopee Indonesia

Dapat dipahami, dalam belajar matematika, seorang peserta didik akan lebih mudah memelajari suatu materi apabila telah memahami materi prasyarat dari bahan yang sedang dipelajari. Hal ini diperlukan karena sifat kehirarkian materi matematika yang sangat kuat. Kelemahan penguasaan materi prasyarat akan menyulitkan peserta didik dalam mempelajari materi selanjutnya.

Secara umum, tujuan pembelajaran matematika di sekolah dasar adalah agar peserta didik mampu dan terampil menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Susanto (2016) mengungkapkan, kompetensi atau kemampuan umum pembelajaran matematika di sekolah dasar adalah: 1) melakukan operasi hitung penjumlahan, pengurangan perkalian, pembagian, beserta operasi campuran, termasuk yang melibstksn pecahan; 2) menentukan sifat dan unsur sebagai bangun datar dan bangun ruang sederhana, termsuk penggunaan sudut, keliling, luas dan volume; 3) menentukan sifat simetri, kebangunan, dan sistem koordinat; 4) menggunakan pengukuran satuan, kesetaraan antar satuan, dan penaksiran pengukuran; 5) menentukan dan menafsirkan data sederhana, seperti ukuran tertinggi, terendah, rata-rata, modus, mengumpul kan data dan menyajikannya; dan 6) memecahkan masalah, melakukan penalaran, dan mengkomunikasikan gagasan secara matematika.

Blibli.com
Shopee Indonesia