Memaknai Kebangkitan Nasional, Saatnya Guru Keluar dari Zona Nyaman

Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

Ada yang bilang, ‘guru selalu siap dengan perubahan apapun, tinggal pemerintah menyiapkan sarana teknologi saja’ dan ada pula yang yang menyebutkan, ‘kalau sekedar ursan internet, guru semua sudah bisa.’ Benarkah? Atau itu hanya sekedar gertakan pada pemerintah?

Kita menyadari bahwa bangsa ini belum terlalu siap dengan perubahan besar dalam paradigma yang tiba-tiba harus berubah total. Tapi tentu saja sebagai tenaga yang menerima uang dari negara harus juga memikirkan bagaimana nasib pendidikan ke depan. Kalau misalnya pemerintah tidak sanggup lagi menggaji guru-guru ASN? Akan seperti apakah nasib kita para guru? Sudah siap dengan keterampilan non pendidikan untuk memulai hidup baru?

Sehari-hari melalui grup-grup media sosial khususnya Facebook, masih dapat kita saksikan secara gamblang bagaimana kebiasaan buruk yang kita miliki. Adanya akun-akun ‘bodong’ yang menawarkan RPP 1 lembar, naskah PTK-PTS bebas edit, dan segala macam kebutuhan guru, masih menjadi primadona yang menarik bagi sebagian kita. Masih ada yang langsung berkomentar dan memberikan nomor ponselnya untuk dihubungi. Padahal kalau mau lebih jeli sedikit saja, bisa dicek siapa pemilik akun yang memperjualbelikan itu. Hanya akun-akun receh dengan puluhan teman atau follower. Nyata-nyata mereka adalah akun-akun penipu.

Shopee Indonesia

Tapi mengapa masih menarik bagi sebagian guru? Sementara pecut yang diberikan untuk menyentuh nurani malah dianggap sebagai fitnah belaka. Bukankah seharusnya kita jadikan renungan, saatnya instrospeksi. Mengenali diri lebih dalam pada kondisi profesi yang mewajibkan kita selangkah berada di depan kemajuan yang terus-menerus terjadi.

Blibli.com
Shopee Indonesia

Tinggalkan Balasan

1 komentar